Enter your keyword

Apa Itu Sertifikasi ISO ?

Apa Itu Sertifikasi ISO ?

Apa Itu Sertifikasi ISO ?

Apa Itu Sertifikasi ISO ? | Saat ini dalam dunia bisnis kata ISO atau International Organization for Standardization sudah tidak asing lagi didengar. Tetapi mungkin masih ada sebagian orang yang masih bertanya tanya apa sih sebenarnya Sertifikasi ISO? Apakah Sertifikasi ISO memiliki pengaruh besar bagi perusahaan yang sudah tersertifikasi? Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih dalam mengnai Sertifikasi ISO.

Apa yang dimaksud sertifikat ISO?

ISO atau International Organization for Standardization merupakan seperangkat pedoman yang diakui secara internasional, yang termasuk didalamnya sistem manajemen yang dapat mengukur kualitas suatu perusahaan. tidak hanya itu sistem manajemen ini mencangkup bidang utamanya dalam menjalankan dan mengelola bisnis seperti

kepemimpinan dan komitmen, pengelolaan risiko dan peluang bisnis, semberdaya perusahaan berupa sumberdaya manusia dan sumberdaya fisik perusahaan, kompensasi, komunikasi, perencanaan dan pengendalian operasional, evaluasi kerja dan perbaikan.

Penerapan Standar manajemen ISO akan membuat perusahaan menjadi lebih konsisten dan efektif. Sebagian besar orang menganggap bahwa penerapan ISO dalam suatu perusahaan sebagai praktik terbaik dalam bisnis.

Baca juga : BUMN WAJIB ISO 37001 | JASA KONSULTAN ISO 37001 | MONEYBACK GUARANTEE

Sertifikasi ISO ini merupakan bukti dari pihak ketiga bahwa perusahaan telah mematuhi standar manajemen ISO. Hal ini dapat menunjukan kepada pihak – pihak yang berkaitan dengan perusahaan seperti investor, pemasok, karyawan hingga konsumen perusahaan bahwa perusahaan berjalan dengan baik yang memiliki struktur, konsisten dan siap untuk bertumbuh dan berkembang.

Manfaat sertifikasi ISO

Sehingga bagi perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO bukan tidak mungkin jika akan lebih banyak mendapatkan manfaat karena adanya jaminan kualitas yang dimiliki oleh perusahaan. Manfaat yang didapat jika perusahaan memiliki sertifikasi ISO meliputi :

1. Peningkatan efisiensi

Perusahaan yang menerapkan standar ISO dalam pelaksanaan operasional nya akan berjalan dengan baik sehingga dapat menghasilkan hal positif bagi perusahaan.

2. Jaminan kualitas perusahaan dengan standar Internasional

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, suatu perusahaan harus melewati beberapa tahap mulai dari identifikasi, analisa sampai pada implementasi suatu sistem manajemen untuk menjamin mutu perusahaan sesuai dengan standar ISO.

3. Mengurangi biaya

Sistem manajemen yang sesuai standar ini dapat melihat kinerja yang dimiliki oleh suatu perusahaan. sehingga hal ini dapat mendeteksi apabila ada suatu permasalahan seperti kinerja perusahaan berkurang, hal ini dapat langsung ditangani dan segera dicari jalan keluarnya. Sehingga dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dengan cara mencegah sebelum permasalahan semakin besar hingga dapat merugikan perusahaan.

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan sangat penting untuk kelangsungan jangka panjang perusahaan. dengan diterapkannya sistem manajemen ISO dapat menjamin kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan sehingga kepercayaan pelanggan pun akan meningkat.

Baca juga : Jasa Konsultan ISO 27001

5. Lebih banyak karyawan yang terlibat

Sistem manajemen yang diterapkan ini harus dilaksanakan oleh seluruh karyawan yang ada pada suatu perusahaan sesuai dengan standar ISO yang berlaku, dengan begitu maka karyawan juga akan semakin termotivasi untuk mengerahkan kinerja mereka sesuai dengan standar ISO.

6. Resiko berkurang

Jika sistem manajemen pada suatu perusahaan berjalan sesuai dengan standar ISO maka akan mengurangi risiko yang mungkin akan terjadi pada perusahaan.

7. Meningkatkan citra perusahaan

Dengan optimalnya hasil yang akan dicapai oleh suatu perusahaan setelah tersertifikasi ISO, maka perusahaan pun dapat memberikan yang hasil terbaik bagi piha – pihak terkait. Hal ini dapat membuat citra atau image perusahaan meningkat.

Sertifikasi ini akan sangat berdampak positif bagi perusahaan jisa sistem manajemen dilakukan dengan baik serta semua staff dalam perusahaan ikut berkontribusi aktif dalam menjalankan sistem manajemen sesuai dengan standar ISO.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO?

Sertifikasi ISO dapat diperoleh oleh perusahaan jika perusahaan dapat membuktikan bahwa bisnis yang dijalan sesuai dan dapat memenuhi persyaratan standar ISO. Perusahaan tidak perlu khawatir karena pada umumnya persyaratan yang harus dipenuhi merupakan praktik bisnis pada umunya dan kami ARYASENTRA CONSULTING akan membantu Perusahaan yang akan menerapkan ISO pada setiap langkahnya. Berikut langkah – langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi ISO :

  1. Membuat komitmen
  2. Membentuk tim ISO
  3. Melaksanakan pelatihan ISO
  4. Menggunakan jasa konsultan ISO
  5. Melakukan GAP Analysis
  6. Membuat dokumen
  7. Implementasi sistem ISO
  8. Melaksanakan audit internal
  9. Tinjauan manajemen
  10. Audit sertifikasi ISO

Pada proses untuk mendapatkan sertifikasi ISO ini terdapat 2 (dua) tahap, yaitu Audit tahap Pertama dengan melakukan pemeriksaan dokumen perusahaan. Tahap kedua yaitu Audit tahap kedua, pada tahap ini dilakukan penilaian kesesuaian secara keseluruhan.

Setelah peruhasaan tersertifikasi, kami ARYASENTRA CONSULTING akan terus membantu perusahaan dalam mempertahankan Sertifikasi ISO pada perusahaan. Sertifikasi Sistem Manajemen ISO dapat membantu membuat bisnis Anda lebih menarik bagi pembeli potensial dan untuk strategi jangka panjang perusahaan dapat mendapatkan investor atau menjual bisnis.

Untuk info lebih lanjut dapat menghuningi kami melalui Telp. 021 – 20305166 atau melalui email aryasentraconsulting@gmail.com.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.