Enter your keyword

Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Organisasi

Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Organisasi

Membangun Komunikasi Efektif Dalam Organisasi

Employee Relations QualityEmployee Relations Quality, dalam suatu organisasi / perusahaan kualitas hubungan kerja antar karyawan menjadi sangat penting. Hal ini dapat mencerminkan bagaimana suatu manajemen organisasi / perusahaan dapat berjalan dengan baik. Salah satu kunci yang menjadi adanya keberhasilan hubungan kerja antar karyawan adalah membangun komunikasi yang efektif.
Suatu organisasi tentu memiliki beberapa level jabatan yang di dalamnya terdapat peranan strategis dan lainnya peran secara teknis, ataupun meliputi keduanya. Komunikasi dibangun untuk memastikan bagaimana peranan antar masing-masing jabatan dapat terhubung secara efektif. Dalam prosesnya, komunikasi memiliki unsur yang melekat selain media, pesan, dan feedback, dua lainnya menjadi sangat penting, yakni Komunikan & Komunikator.

Bagaimana membangun komunikasi yang efektif?

Melalui kesadaran peran Komunikan atau seseorang yang menjadi pendengar adalah sama pentingnya dengan seorang Komunikator. Peran Komunikator sendiri menyampaikan pesan kepada Komunikan atau seseorang yang berperan untuk bicara.

Ada momentum bagaimana kedua peran ini (Komunikan & Komunikator) menjadi efektif.

1. Menjadi Komuikan yang Efektif, ada 3 komponen yang terdapat pada proses mendengarkan (Robbins:2001), diantaranya.

  1. Sensing, merupakan proses menerima sinyal dari pengirim pesan dan memberikan perhatian padanya;
  2. Evaluating, memahami maksud dari pesan yang diterima, menilai pesan dengan mengorganisir informasi yang diterima dan mengingat pesan selama percakapan berlangsung;
  3. Responding, dalam percakapan yang berlangsung Komunikan perlu melakukan pengembangan sebagai pendengar, untuk berperan mendukung proses komunikasi.

2. Menjadi Komunikator yang Efektif, sebagaimana hubungan kerja antar karyawan terhubung melalui peranan komunikator dengan perilaku sebagai berikut.

  1. Menyampaikan pesan secara jelas
  2. Memiliki Empati
  3. Deskriptif
  4. Melakukan Komunikasi pada waktu yang tepat

Peran Komunikan dan Komunikator ini, disesuaikan pada momentum yang tepat dengan beberapa hal seperti yang diuraikan diatas. Karena masing-masing pegawai miliki peran sebagai komunikan ataupun komunikator pada saat waktu tertentu. untuk pelatihan / Training membangun komunikasi yang efektif dalam organisasi / Employee Relations Quality silahkan hubungi marketing kami

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.