Enter your keyword

Customer Focus

Customer Focus

Tentang Customer Focus

Customer Focus menjadi urutan pertama dalam prinsip-prinsip yang terdapat pada sistem manajemen mutu ISO 9001. Tentu ini bukan hanya urutan belaka, ada faktor lain yang menjadikan Customer Focus menjadi sangat penting.

Fokus utama manajemen mutu adalah untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan berjuang untuk melampaui harapan pelanggan (Customer Focus).

Dalam sebuah perusahaan, memahami apa yang menjadi permintaan pelanggan tentu beriringan dengan proses mencapai pemenuhan permintaan tersebut. Setelahnya hubungan antara perusahaan dan pelanggan dapat terwujud dengan baik, melalui pelayanan maupun hadirnya produk atau jasa yang berkualitas.

Mampu memenuhi apa yang menjadi harapan pelanggan sudah tentu menjadi kewajiban dalam sebuah pelayanan yang diberikan perusahaan. Namun, mampu melampaui harapan pelanggan tersebut menjadi nilai tambah yang seharusnya dihadirkan sebagai suatu keunggulan sebuah perusahaan.

Bagaimana Perusahaan mampu melampaui Harapan Pelanggan?

sistem Manajemen Mutu sendiri merupakan sebuah sistem manajemen untuk mengawasi semua kegiatan dan tugas dalam suatu organisasi. Bertujuan untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang ditawarkan, serta sarana yang digunakan untuk mencapainya bersifat konsisten.

Dalam mencapai dan mempertahankan tingkat mutu yang diinginkan dalam organisasi, tentu hal tersebut sangat diperlukan. Termasuk di dalamnya adanya penentuan kebijakan mutu, menciptakan dan menerapkan perencanaan dan jaminan kualitas, dan kontrol kualitas serta peningkatan kualitas.

Sehingga fokus sistem manajemen mutu tidak hanya pada produk dan kualitas layanan saja, tetapi juga pada cara untuk mencapainya sekaligus mempertahankannya. Membangun orientasi Customer Focus adalah salah satunya.

Sebuah kinerja perusahaan dapat diwujudkan dari berjalannya kualitas kinerja, produktivitas, serta sistem manajemen perusahaan yang optimal untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.