Enter your keyword

Peraturan Perusahaan

Peraturan Perusahaan

Peraturan Perusahaan

Tentang Peraturan Perusahaan

Peraturan secara umum merupakan patokan atau batasan yang membatasi tingkah laku atau tindakan seseorang dalam lingkup organisasi atau perusahaan, yang jika melanggar akan dikenakan sanksi. Setiap organisasi atau perusahaan yang bergerak dibidang jasa atau barang pasti memerlukan peraturan dalam menjalankan manajemen dan kegiatan operasional yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Peraturan perusahaan dibutuhkan agar karyawan dalam perusahaan memiliki pedoman antara apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, diharapkan agar karyawan dapat mematuhi peraturan yang berlaku sehingga semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang ketenagakerjaan yang berlaku.

Berdasarkan Pasal 1 angka 20 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, peraturan perusahaan adalah peraturan yang di buat secara tertulis oleh perusahaan yang memuat syarat-syarat kerja dan tata tertib perusahaan.
Bagi pengusaha yang mempekerjakan sekurang-kurang nya (10) sepuluh karyawan harus membuat peraturan perusahaan. Peraturan perusahaan dibuat dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari wakil karyawan dalam sebuah perusahaan. Peraturan perusahaan ini di buat dengan tujuan untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif, menjalin hubungan yang baik antar karyawan, mengetahui hak serta kewajiban karyawan terhadap perusahaan begitu pun sebaliknya.

Manfaat Peraturan Perusahaan

Peraturan Perusahaan  memiliki banyak manfaat, baik untuk perusahaan maupun untuk karyawannya, diantaranya :

1. Melatih kedisiplinan

Sudah menjadi hal yang lumrah, bahwa peraturan dibuat untuk meningkat kan kedisiplinan. Begitu pun peraturan perusahaan dibuat untuk melatih kedisiplinan karyawan. Adanya peraturan akan membuat karyawan merasa memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan pada pekerjaannya. Dengan adanya kedisiplinan ini diharapkan kinerja karyawan menjadi lebih baik lagi.
Setiap perusahaan memiliki peraturan khusus yang di tunjukan untuk semua karyawannya, beda perusahaan beda pula peraturannya, peraturan di buat sesuai dengan kebutuhan perusahaan

2. Terciptanya keadilan

Peraturan perusahaan yang di taati akan menciptakan keadilan untuk semua karyawan di perusahaan tersebut. peraturan di buat tidak boleh pandang bulu, siapapun yang melanggar peraturan perusahaan maka dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perusahaan yang telah di sah kan.

3. Keamanan dan kenyamanan

Peraturan juga dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh karyawan. Dengan adanya aturan maka karyawan tidak bisa seenaknya bertindak sehingga dapat merugikan karyawan lain. Peraturan juga akan menciptakan kenyamanan karena akan terciptanya hubungan yang baik dan harmonis antara perusahaan dengan karyawan. Jika tidak adanya peraturan dalam perusahaan maka bukan tidak mungkin perusahaan dapat bersikap sewenang-wenang dengan keryawan, atau karyawan dapat bertindak sewenang-wenang juga terhadap karyawan lainnya.

Dalam suatu perusahaan hanya boleh ada satu peraturan yang di taati oleh karyawan, agar tidak terjadi bentrok atar peraturan yang dibuat. Kemudian jika perusahaan memiliki cabang, maka peraturan yang di terapkan pada perusahaan cabang dapat di sesuai kan dengan kondisi perusahaan dan tidak menentang Undang-Undang Ketenagakerjaan. Peraturan yang di buat harus di sahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan atau pejabat yang ditunjuk. Dalam Pasal 111 UU Ketenagakerjaan,dijelaskan peraturan perusahaan sekurang-kurangnya memuat:

1. Hak dan kewajiban perusahaan
2. Hak dan kewajiban pekerja/buruh
3. Syarat kerja
4. Tata tertib perusahaan dan
5. Jangka waktu berlakunya peraturan perusahaan

Penerapan peraturan perusahaan merupakan betuk kepatuhan perusahaan terhadap Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. Penerapan peraturan ini sebagai upaya perusahan dalam meminimalkan sengketan atau konflik yang kemungkinan akan terjadi, menghindari tindakan hukum pidana dan memperbaiki suatu masalah agar masalah yang pernah tejadi tidak terulang lagi.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.