Enter your keyword

MENGUKUR KINERJA ORGANISASI DENGAN BALANCE SCORCARD

MENGUKUR KINERJA ORGANISASI DENGAN BALANCE SCORCARD

MENGUKUR KINERJA ORGANISASI DENGAN BALANCE SCORCARD

Jasa Konsultan Balance ScrocardBalance Scrocard mengacu pada sistem dimana suatu perusahaan atau organisasi manilai ukuran kinerja dari perspektif kinerja dibidang keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, dan kapasitas perusahaan. Hal ini menjadi sarana dimana setiap anggota karyawan yang melakukan fungsi-fungsi utama diharapkan untuk mengukur kinerja dalam pekerjaannya, terutama kontribusi terhadap tujuan organisasi dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Tidak hanya itu, Rencana strategis yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi juga  harus mempertimbangkan kepuasan pelanggan, kualitas produk, bauran pemasaran bersamaan dengan penggerak lain yang diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi. Sejalan dengan ini, untuk memenuhi pengukuran kemampuan perusahaan yang lebih baik akan menciptakan nilai jangka panjang dengan mengidentifikasi pendorong utama yang relevan seperti pelanggan, rencana keuangan dan operasional, inovasi.

Penerapan Balance Scrocard melibatkan strategi dalam penggunaan sumberdaya yang tersedia seperti sumberdaya manusia, keuangan dan sumberdaya lainnya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Untuk mencapai ini, rencana strategis yang dibuat oleh perusahaan sedemikian rupa sehingga peran karyawan dinyatakan dengan jelas sesuai dengan tujuan kinerja yang diharapkan.  Jadi, Inti dari penggunaan Balance Scrocard adalah meningkatkan kinerja untuk meningkatkan profitabilitas.

Tantangan Penerapan Balance Scrocard

Dalam penerapan metode Balance Scrocard terdapat tantangan yang harus dihadapi oleh bagian internal perusahaan khususnya bagi karyawan dan manajemen

1. Karyawan

Bagi karyawan Balance Scorcard menjadi pengukur terhadap kinerja yang menantang karyawan untuk menyelaraskan tujuannya sesuai dengan tujuan perusahaan dan untuk menjalankan serta meningkatkan perannya agar tujuan perusahaan dapat dicapai. Jika hal ini gagal maka akan berpengaruh pada pekerjaannya. Namun ini dapat berfungsi lebih sebagai motivasi bagi karyawan untuk lebih memaksimalkan lagi kinerja dalam menyelaraskan tujuan pribadinya dengan tujuan perusahaan, karena karyawan lebih suka tetap bekerja daripada kehilangan pekerjaannya.

2. Manajemen

Tantangan bagi manajemen yaitu, manajemen yang baik harus dapat mengambil keuntungan dari pengambilan keputusan strategis dan pengukuran kinerja menggunakan kartu skor seimbang. Tugas menyusun rencana secara strategis oleh manajemen perusahaan adalah tugas yang krusial yang mengharuskan tim manajemen menyelaraskan rencana mereka karena hal itu melintasi departemen dasar yang fungsinya terlibat dalam mencapai tujuan organisasi. Demikian pula, penggunaan kartu skor seimbang ditingkatkan oleh rencana strategis sehingga manajemen tidak mampu menangani masalah bisnis dengan sembarangan tanpa adanya strategi. Penerapan balanced scorecard membutuhkan prosedur komunikasi yang memadai dan sarana untuk meningkatkan interaksi yang memengaruhi perspektif operasional organisasi. Untuk mengatasi beberapa tantangan dalam menerapkan kerangka kerja balanced scorecard, manajemen harus menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai  seperti teknologi dan peralatan yang memadai kemudian juga jalur komunikasi yang baik dan lain-lain yang dapat memperlancar kegiatan operasional perusahaan dalam mencapai tujuan strategis, untuk semua pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan tujuan kegiatan perusahaan. Masing-masing faktor ini benar-benar berdampak pada fungsi karyawan dan implementasi nya dalam mempengaruhi pencapaian keseluruhan perusahaan. Hal ini mengharuskan pihak manajemen perusahaan harus melakukan yang terbaik, untuk memotivasi karyawan agar kinerjanya semakin maksimal.

Penerapan Balance Scrocard juga menjadi tantangan bagi akuntan manajemen. Dalam hal ini akuntan manajemen harus memahami lingkungan ekonomi industri, pesaing, dan pelanggan perusahaan. akuntan manajemen perlu memiliki pandangan yang luas tentang strategi dan implementasi mengenai  metode Balance scorecard. Mereka perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang lingkungan bisnis eksternal, masalah bisnis internal seperti operasi dan distribusi sumberdaya manusia.

Keberhasilan dalam mengimplementasikanBalance Scrocard di perlukan komitmen dan kepemimpinan yang baik. Balance Scrocard dapat membangun tim karena adanya kerja sama disetiap dapartemen untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk mencapai hal ini, tim akan bertemu untuk membahas dan menyetujui tujuan balance scorecard, membangun hubungan di seluruh tujuan, kartu skor akhir akan dikomunikasikan kepada semua karyawan dan manajemen puncak akan menggunakan ini untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Untuk setiap strategi harus disiap kan kartu skor yang berbeda, karena beda strategi beda pula skor penilaiannya sehingga perlu menyelaraskan kartu skor.

 

Manfaat penerapan Balance Scorcard:

  1. Penerapan kartu skor yang baik dapat memproyeksikan strategi perusahaan, mengkomunikasikan strategi kepada semua anggota dengan menerjemahkan strategi ke dalam serangkaian target operasional yang dapat dipahami dan diukur
  2. Memotivasi manajer untuk mengambil tindakan yang menghasilkan peningkatan kinerja keuangan dan membatasi jumlah langkah-langkah kritis.
  3. Adanya promosi pemikiran kausal.
  4. Memacu manajer untuk mengandalkan bukti empiris untuk menguji validitas dan kekuatan berbagai koneksi. Ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada pendorong utama yang penting untuk menerapkan strategi.
  5. Penyelarasan proses perusahaan yang lebih baik, seperti analisis pada prioritas strategi, penganggaran dan manajemen resiko.

Jadi, adanya hubungan yang jelas antara semua pihak yang berkepentingan terhadap strategi mana yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan dimana kinerja karyawan diukur. Karyawan dengan fungsi-fungsi utama sebenarnya memiliki peran yang harus dimainkan dalam meningkatkan pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan yang merupakan tujuan utama penggunaan balanced scorecard untuk meningkatkan pencapaian tujuan perusahaan.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.