Enter your keyword

Survey kepuasan pelanggan | Jasa Konsultan Survey Kepuasan Pelanggan Berpengalaman

Survey kepuasan pelanggan | Jasa Konsultan Survey Kepuasan Pelanggan Berpengalaman

Tentang Survey kepuasan pelanggan

Pelanggan adaKonsultan Survey Kepuasan Pelangganlah Raja, apapun jenis dan bidang organisasi pasti memiliki pelanggan, kunci keberhasilan organisasi sangat tergantung kepada suksesnya organisasi dalam memberikan produk dan layanan yang baik serta memuaskan kebutuhan pelanggannya.

Organisasi harus mampu memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya, sebab kalau tidak pelanggan akan meninggalkan dan menjadi pelanggan pesaing, Jika hal ini terjadi tentu akan menyebabkan penurunan image, menurunkan penjualan dan pada gilirannya akan berimbas terhadap keberlangsungan organisasi.

Untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan dariĀ  produk ( barang maupun jasa ) serta layanan yang dimiliki organisasi, organisasi perlu melakukan Survey Kepuasan Pelanggan. Dengan melakukan Survei Kepuasan Pelanggan organisasi dapat mengukur kebutuhan pelanggan, memahami masalah dengan produk dan / atau layanan Anda, atau mengelompokkan pelanggan berdasarkan hasil survei kepuasan Pelanggan sehingga organiasi mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan dari para pelanggan yang tentu hal ini bisa dijadikan improvement serta dasar perbaikan yang berkesinambungan.

Mengapa kepuasan pelanggan itu penting?

Konsultan Survey Kepuasan PelangganKepuasan pelanggan merupakan inti dari pengalaman pelanggan dalam merasakan dan menikmati sebuah produk ( barang ataupun jasa ) dan layanan, yang mencerminkan kesukaan pada aktivitas bisnis organisasi. Tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi (dengan pengalaman yang menyenangkan) adalah Indikator kuat untuk retensi pelanggan, loyalitas, dan pembelian/pemakaian kembali produk (Produk dan jasa ). Bisnis yang efektif adalah salah satunya dengan fokus pada menciptakan dan memperkuat pengalaman yang menyenangkan bagi para pelanggannya sehingga mereka dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada

dan menambah pelanggan baru.

Bagaimana langkah melakukan survey kepuasan pelanggan?

Beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum melakukan survey kepuasan pelanggan

1. Tentukan tujuan dan sasaran survey

Sebelum melakukan survey kepuasan pelanggan formulasikan terlebih dahulu tujuan dan sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi. Hal ini penting untuk menentukan ruang lingkup / batasan mana yang akan di ukur dalam pelaksanaan survey kepuasan pelanggan.

Contoh maksud dan tujuan melakukan survey :

Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan terkait dengan produk dan layanan
Memetakan jenis layanan yang sudah baik dan jenis layanan yang perlu peningkatan
Mengetahui Net Promoter Score, sebagai indikator preferensi layanan yang telah diberikan organisasi
Analisis suara pelanggan (Voice of Customer), demi peningkatan kinerja layanan, Dll

2. Menyusun Instrumen survey melalui Kuisioner survey kepuasan pelanggan

Penyusunan instrument survey kepuasan pelanggan yang dibangun dengan benar akan memberikan hasil yang maksimal yang merupakan dasar untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karenanya Instrumen survei yang digunakan harus diuraikan dalam bentuk rangkaian pertanyaan pada Lembar Kuesioner.

Penyusunan Kuesioner survey kepuasan pelanggan dilakukan dengan terlebih dulu memformulasikan tujuan dan sasaran dalam penyusunan dan penyebaran kuesioner, serta parameter dan indikator keberhasilan/kegagalan tiap kelompok instrumen penilaian analisa kepuasan pelanggan. Selanjutnya Untuk pengumpulan data, hasil isian kuesioner, diinput pada web survei sehingga mudah dalam penyimpanan dan pengolahan data.

3. Pengolahan Data hasil Survey kepuasan Pelanggan

Hal terpenting dalam mengolah data hasil survey kepuasan Pelanggan adalah Mengubah Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Menjadi sebuah Tindakan. Mengukur kepuasan pelanggan itu penting tetapi mengubah hasil survey kepuasan pelanggan menjadi sebuah tindakan yang konkrit itu jauh lebih penting. Hal yang harus diperhatikan dalam mengolah data hasil survey :

  • Tanggapi dengan cepat setelah menerima umpan balik negatif dari pelanggan. Ini adalah kesempatan untuk membuat pelanggan Anda loyal. Karna kebanyakankonsumen mengatakan mereka akan lebih mungkin untuk mengunakan produk ( jasa maupun barang ) dan/atau melakukan bisnis dengan organisasi lagi jika pertama kali keluhan mereka ditangani dengan baik.
  • Pahami metrik apa yang Anda ingin tingkatkan dan lihat apakah ada pola pada item tertentu, Misalnya, jika 30% responden mengatakan terkait layanan pelanggan responnya kurang cepat, maka perlu meningkatkan di bidang layanan
  • Semua bagian / departemen harus siap untuk menjaga agar pelanggan puas. Jika pelanggan mengeluh tentang fitur produk, departemen produk harus bersedia menerima data dan memperbaikinya; Jika pelanggan mengeluh tentang layanan, bagian layanan pelanggan perlu memahami cara memperbaiki masalah dengan lebih baik. Oleh karnanya pastikan orang yang tepat di organisasidalam memegang dan menduduki di bagian / departemen, semua harus memiliki kopetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Jasa Konsultan Survey Kepuasan Pelanggan Berpengalaman

Aryasentra Consulting merupakan jasa konsultan manajemen bisnis yang sudah berpengalaman dalam membantu banyak organisasi dalam melakukan survey kepuasan pelanggan. Kami siap membantu semua jenis organisasi dalam melakukan survey kepuasan pelanggan kapanpun dan dimanapun. Untuk infomasi lebih lanjut Jasa Survey Kepuasan Pelanggan Segera hubungi kami di telp. 021-2930 5166, HP / WA.: 0812 9311 1959.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.