Enter your keyword

Pelatihan Wirausaha

Pelatihan Wirausaha

Pelatihan Menjadi Wirausaha

Dahulu kewirausahaan dipersepsikan merupakan bakat bawaan sejak lahir dan diasah melalui pengalaman langsung di lapangan. Sekarang ini paradigma tersebut telah bergeser. Kewirausahaan telah menjadi suatu disiplin keilmuan yang mempelajari tentang nilai-nilai (values), kemampuan (ability) dan perilaku (behavior) seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Kewirausahaan dalam kenyataannya dapat dipelajari dan diajarkan, sehingga setiap individu memiliki peluang untuk tampil sebagai seorang wirausahawan (entrepreneur). Bahkan untuk menjadi wirausahawan sukses, memiliki bakat saja tidak la cukup, tetapi juga harus memiliki pengetahuan berbagai aspek usaha yang akan ditekuni. Tugas dari wirausaha cukup kompleks namun fleksibel, antara lain tugas mengambil keputusan, kepemimpinan teknis, kepemimpinan organisatoris dan komersial, penyediaan dan pengaturan pemanfaatan modal, dll.

Melalui pelatihan ini peserta akan dibimbing untuk membangun rasa percaya diri yang kuat, berpikir dengan berorientasi pada tugas, hasil dan masa depan, memunculkan keberanian mengambil resiko, mendidik kematangan dan kepemimpinann dalam usaha, serta menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk atau jasa baru atau yang terkesan baru. Bagi para karyawan, di samping manfaat di atas, pelatihan ini juga akan membantu peserta mengembangkan jiwa intrapreneur yang diyakini dapat meningkatkan karir di dalam perusahaan dan perolehan side income, maupun persiapan usaha/bisnis menjelang pensiun.

Tujuan Pelatihan
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pendalaman kepada peserta untuk memahami konsep kewirausahaan, konsep membangun jiwa dan motivasi berwirausaha, membangun rasa percaya diri yang kuat, strategi memilih usaha dan cara membangun usaha baru, mampu membedakan peran wirausaha dan manajer, meningkatkan kemampuan analisis kelayakan dan resiko usaha, kiat memajukan usaha yang sudah ada, memahami peluang dan tantangan dalam wirausaha, pentingnya etika kewirausahaan, pentingnya jiwa kreatif dan inovatif, serta cara memanfaatkan peluang dari sumberdaya sekitar.

Metode Pelatihan
Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain : penyajian/penyampaian materi di dalam kelas, dengan dukungan multimedia, role-play, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case discussion. Evaluasi pada akhir pelatihan mencakup kedalaman materi training, manfaat & efektifitas training serta rekomendasi dari peserta.

Materi Pelatihan
• Konsep kewirausahaan
• Konsep membangun jiwa dan motivasi berwirausaha,
• Membangun rasa percaya diri dalam kewirausahaan.
• Perbedaan Wirausaha dan Manajer.
• Strategi memilih usaha dan cara membangun usaha baru,
• Analisis kelayakan dan resiko usaha.
• Kiat memajukan usaha yang sudah ada,
• Faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausaha.
• Memahami peluang dan tantangan dalam wirausaha.
• Memahami pentingnya etika kewirausahaan,
• Memahami pentingnya jiwa kreatif dan inovatif,
• Memahami cara memanfaatkan peluang dari sumberdaya sekitar.

Untuk Informasi dan pendaftaran Training / Pelatihan silahkan hubungi divisi training kami di nomor : 021-29305166

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.