Enter your keyword

Quality Control Circle ( QCC )

Quality Control Circle ( QCC )

Quality Control Circle ( QCC )

Quality Control Circle Gugus Kendali Mutu

Quality Control Circle Dalam ketatnya persaingan dunia industri saat ini tidak sedikit perusahaan yang mengalami kerugian karena tidak dapat mengetahui apa keinginan pelanggan dan bagaimana menyelaraskan antara organisasi, proses dan sistem yang ada agar sasaran perusahaan dapat dicapai. Oleh karena itu setiap perusahaan dituntut untuk melakukan Strategi Cost Reduction secara sistematis dengan melibatkan semua lini dan karyawan.  Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan sistem QCC atau Quality Control Circle, Quality Control Circle ( QCC ) pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli pengedali mutu yang bernama Prof. Kaoru Ishikawa pada tahun 1962 bersama dengan Japanese Union of Scientist & Engineers (JUSE). Perusahaan pertama yang menjalankan konsep QCC adalah Nippon Wireless dan Telegraph Company di Tahun 1962.

Quality Control Circle  (QCC)  adalah suatu kegiatan dimana sekelompok karyawan yang bekerjasama dan melakukan pertemuan secara berkala dalam mengupayakan pengendalian mutu dengan cara mengidentifikasikan, menganalisis dan melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam pekerjaan dengan menggunakan alat – alat pengendalian mutu (QC Tools). Tim QCC pada umumnya adalah karyawan yang bekerja pada unit yang sama dengan jumlah anggota 7 ~ 8 orang per kelompok yang terdiri dari seorang Fasilitator, Pemimpin Tim dan anggota. Tim QCC ini harus secara proaktif membahas dan memecahkan masalah – masalah dalam pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan mutu produk dan layanan perusahaan. Pada pelaksanaan kegiatan QCC tersebut, diperlukan peran fasilitator (pemandu) atau atasan langsung. Namun Fasilitator perlu mendapatkan pengetahuan mendasar mengenai konsep Total Quality Management maupun perangkat kendali mutu dan peran fasilitator agar implementasi QCC dapat berjalan baik dan berkelanjutan.

Tahapan Pemecahan Masalah dalam Quality Control Circle  (QCC)

Didalam memecahkan permasalahan yang ada, ada 8 Tahapan / Langkah dasar yang digunakan oleh setiap kelompok QCC. 8 langkah tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan identifikasi masalah yang berkaitan dengan pekerjaan
  2. Memilih dan menetapkan prioritas masalah yang akan diselesaikan
  3. Menetapkan Target untuk masalah yang akan diselesaikan
  4. Menyusun rencana kegiatan pemecahan masalah
  5. Merekomendasikan solusi atau rencana pemecahan masalah
  6. Melaksanakan dan menerapkan tindakan pemecahan masalah yang telah disetujui oleh Manajemen perusahaan
  7. Monitoring dan Evaluasi hasil pelaksanaan
  8. Melakukan standarisasi

Kami Jasa Konsultan Bisnis Aryasentra Consulting siap membantu perusahaan dalam penerapan Quality Control Circle ( QCC ) baik dalam konsultasi penerapan Quality Control Circle ( QCC ) maupun Training / Pelatihan Quality Control Circle ( QCC ). Untuk konsultasi silahkan hubungi kami di telp. 021-29305166, Whatasapp: 081293111959

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.