Enter your keyword

Pengurusan Dokumen CSMS

Pengurusan Dokumen CSMS

Pengurusan Dokumen CSMS

Dokumen CSMS

Banyak Industri yang prosesnya berdampak negative terhadap lingkungan serta kesehatan dan keselamatan pekerjanya. Oleh karnanya di butuhkan manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja – K3 sehingga ada jaminan bagi para pekerjanya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perusahaan besar terutama OIL & GAS mewajibkan semua mitranya minimal harus mengimplementasikan sistem K3 serta untuk bisa mengikuti tender syarat utamanya perusahaan wajib memiliki dokumen CSMS atau K3LL. Dokumen CSMS atau K3LL sudah menjadi sebuah persyaratan utama bagi perusahaan yang ingin menjadi mitra kerja dan mengikuti tender di perusahaan OIl & GAS serta perusahaan besar lainya yang sadar akan sistem kesehatan dan keselamatan kerja tujuannya adalah membangun kesadaran akan arti pentingnya kesehatan dan keselamatan bagi para pekerjanya.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap para pekerja di Indonesia khususnya pekerja yang mempunyai potensi bahaya yang sangat besar. Seperti di sektor industry, pertambangan, Oil & Gas, kontraktor, ME, dll. Beberapa tahun terahir pemerintah aktif mengkampanyekan tentang kesadaran akan arti penting system manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3). Bahkan demi tercapainya tujuan yang diharapkan oleh pemerintah terhadap SMK3 ini pada tahun 2012 kemarin pemerintah mengeluarkan PP no. 50 yang mengatur implementasi SMK3.

Baca juga: Konsultan ISO 45001

Dengan keluarnya PP ini mendorong para pelaku industri dan jasa untuk sadar akan arti penting SMK3. Bahkan pada sektor pertambangan, Oil & Gas mewajibkan semua mintra kerjanya untuk mempunyai persyaratan minimal. Persyaratan tersebut yaitu yang biasa disebut dengan CSMS (Contractor Safety Management System) atau system K3LL (kesehatan dan keselamatan kerja lindung lingkungan). Dokumen CSMS atau K3LL ini wajib untuk perusahaan yang ingin menjadi mitra kerja di sektor tersebut diatas. Pada prinsipnya Dokumen CSMS / K3LL mengacu pada system HSE (system kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan atau OHSAS 18001 & ISO 14001) dimana prosedur-prosedur inti yang ada dalam system HSE tersebut diambil sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan K3 masing-masing perusahaan yang mempersyaratkan CSMS / K3LL kepada mitra kerjanya. Oleh karnanya pertanyaan dalam dokumen CSMS / K3LL ini berbeda-beda namun tetap mengacu pada system HSE. Berikut point-point yang dipertanyakan dalam dokumen CSMS / K3LL atau isi dokumen CSMS / K3LL, dari pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam CSMS / K3LL ini calon mitra kerja / vendor diminta untuk mengisinya sebagai syarat masuk dalam prakualifikasi HSE.

Hal Umum Yang Ada Dalam Dokumen CSMS / K3LL

A. KEBIJAKAN, KEPEMIMPINAN DAN ORGANISASI

Dalam poin ini perusahaan harus mengisi tentang kebijakan K3LL & peraturan internal K3LL.  Bagaimana system pengelolaan K3LL dan bahkan ada beberapa perusahaan yang meminta tentang tenaga ahli K3/ sertifikat kopetensi sesuai dengan bidang pekerjaan.

B. PROGRAM, STANDAR, PENANGANAN BAHAYA DAN DAMPAK

Scope dalam point ini biasanya berisi mengenai program K3LL, list client pekerjaan, cara penanganan dan identifikasi bahaya, identifikasi Resiko, prosedur K3LL dan cara penanganan limbah, daftar peralatan, system pemantauan K3LL , dll.

C. IMPLEMENTASI DAN PEMANTAUAN KINERJA

Dalam point ini berisi daftar kecelakaan yang terjadi (baik ada kecelakaan atau tidak harus di tulis) dan dibuat statistiknya (Safety Performance) serta pelaporan K3LL serta dipertanyakan apakan hasil investigasi didokumentasikan atau tidak.

D. PELATIHAN

Point ini mempertanyakan ada tidaknya matrik pelatihan K3LL khususnya untuk pengawas system K3LL. Ketrampilan pekerja yang dibuktikan dengan sertifikat dan sosialisasi /pengenalan system K3LL terhadap para pekerja khususnya pekerja baru.

Baca Juga: Contoh Kuisioner K3LL aatau CSMS

E. TANGGAP DARURAT

Dalam point ini diminta untuk menyediakan prosedur keadaan darurat, program penangulangan keadaan darurat dan dipertanyakan pula apakah tim penanggulangan tanggap darurat memiliki kopetensi atau tidak.

F. Inspeksi / Audit

Pendokumentasian dan pelaksanaan system K3LL serta tindak lanjut pemeriksaan peralatan kerja di lakukan atau tidak serta pelaksanaan audit jalan atau tidak dan bagaimana proses tindak lanjut hasil auditnya.

Percayakan Pengurusan CSMS Kepada Kami

Apabila dari bapak/ibu sekalian membutuhkan jasa konsultan CSMS untuk menyusun system HSE atau kesulitan dalam menjawab pertanyaan CSMS atau K3LL ini. Jangan khawatir kapanpun Anda membutuhkan kami siap membantu perusahaan dalam menyusun dokumen CSMS / K3LL serta menjawab pertanyaan yang ada dalam dokumen CSMS atau K3LL ini. Jasa Konsultan CSMS dari Aryasentra Consulting dengan biaya yang terjangkau dan waktu yang sangat fleksible sesuai kebutuhan Anda sekalian. Segera hubungi kami, team marketing kami untuk konsultan manajemen bisnis lainnya atau jasa konsultan ISO. Kami akan siap melayani dengan ramah dan team konsultan kami akan siap membantu Anda mengenai system HSE dan dokumen CSMS atau K3LL ini.

ARYA SENTRA CONSULTING

Telp.: 021-2930 5166 ( Hunting ) – Whatsapp: 0812 9311 1959

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.