Enter your keyword

Inventarisasi Aset

Inventarisasi Aset

Inventarisasi Aset

Pentingnya Inventarisasi Aset

Aset adalah kekayaan yang berbentuk barang atau benda yang terdiri dari benda tidak bergerak dan benda bergerak baik yang berwujud maupun tidak berwujud yang dalam organisasi / perusahaan tercakup dalam aktiva/kekayaan organisasi /perusahaan. Memiliki manajemen aset yang baik tentu akan memudahkan suatu organisasi dalam mengelola dan mengotimalisasi semua aset yang dimiliki. Itu sebabnya inventarisasi aset sangat penting dilakukan agar semua aset yang dimiliki selalu termonitoring.

Inventarisasi aset adalah langkah pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, dan dokumentasi aset terhadap aset bergerak maupun tak bergerak, aset berwujud maupun aset tidak berwujud. Inventarisasi aset penting dilakukan guna pendataan terhadap semua aset yang dimliki dan dikuasai oleh sebuah organisasi / perusahaan / instansi pemerintah. Dengan melakukan inventarisasi aset yang dilakukan secara berkala, keamanan aset, ketertiban administrasi serta pengendalian dan pengawasan terhadap aset yang dimiliki oleh organisasi / perusahaan akan terjamin keadaan dan keberadaannya. Dalam melakukan inventarisasi aset perlu memperhatikan aspek legal dan aspek fisik dimana aspek fisik ini meliputi bentuk luas, jumlah, alamat, dll sedangkan aspek legal meliputi status hak atas penguasaan aset tersebut.

Tips Untuk Anda Dalam Inventarisasi Aset

Untuk memudahkan dalam inventarisasi aset tahap awal yang bisa dilakukan adalah bentuk team yang kompeten dalam melakukan inventarisasi aset selanjutnya team melakukan mapping aset dengan mengumpulkan data / list aset, melakukan pengelompokan, kodefikasi dan mengumpulkan dokumen aset yang dimiliki seperti dokumen legal aset serta bukti kepemilikan lain atas aset yang dimiliki. Selanjutnya dalam pelaksanaan inventarisasi aset harus mengikuti kebijakan dan prosedur yang sudah diatur dan ditetapkan, itu sebabnya kebijakan dan prosedur baku ( SOP ) tentang pengelolaan aset harus dimiliki oleh organisasi/ perusahaan karna hal ini sangat penting, tanpa adanya SOP dan kebijakan yang baku maka pelaksanaan inventarisasi aset pasti akan banyak menemui kendala. Untuk lebih memaksimalkan hasil inventarisasi aset akan lebih baik jika didukung dengan sistem IT atau software aset, hal ini akan memudahkan dalam sistem pengelolaan dan monitoring karna dengan sistem Software aset akan mudah diketahui jumlah aset yang dimiliki, posisi, kondisi, dll sehingga memudahkan organisasi / perusahaan dalam optimalisasi aset.

Butuh Bantuan? Hubungi Kami GRATIS Konsultasi

Kami Jasa Konsultan Bisnis dari Arya Sentra Consulting siap membantu Anda dalam perihal konsultasi bisnis. Kami siap membantu Anda baik tentang pengelolaan aset maupun pengurusan manajemen bisnis lainnya. Kami juga melayani jasa konsultan iso. Hubungi kami segera di telp 021-29305166 atau via whatsapp 0812 9311 1959.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.