Enter your keyword

Cara Distribusi Obat Yang Baik (CDOB)

Cara Distribusi Obat Yang Baik (CDOB)

Cara Distribusi Obat Yang Baik (CDOB)

CARA DISTRIBUSI OBAT YANG BAIK

Cara distribusi obat yang baik adalah Cara distribusi/penyaluran obat dan/atau bahan obat yang baik dengan tujuan untuk memastikan mutu sepanjang jalur distribusi/penyaluran sesuai persyaratan dan tujuan penggunaannya. Ada 3 (tiga) Regulasi yang mengatur CDOB yaitu UU No. 36 th 2009 tentang Kesehatan, PP 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian dan Permenkes No. 30 th 2017 . Pada prinsipnya ketiga regulasi tersebut mewajibkan semua pedagang besar farmasi (PBF) menerapkan sistem Cara Distribusi Obat untuk memastikan ketersediaan farmasi harus aman, berkhasiat/bermanfaat, bermutu dan terjangkau sehingga keamanan produk terjamin dan mampu melindungi masyarakat dari bahaya karena penggunaan yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan/atau keamanan dan/atau khasiat/kemanfaatan terhadap produk farmasi.

Dalam menerapan Cara Distribusi Obat atau CDOB ada aspek aspek yang telah di persyaratkan dalam regulasi pemerintah, yaitu ada 9 aspek dalam penerapan Cara Distribusi Obat atau CDOB diantaranya manajemen mutu, organisasi manajemen & personalia, infrastruktur yang meliputi bangunan dan peralatan, operasional, inspeksi, recall, transportasi, sar dist berdasarkan kontrak dan dokumentasi. Perlu dibutuhkan komitmen yang baik dari manajemen dan semua team ketika menerapkan sistem Cara Distribusi Obat atau CDOB, banyak hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menerapkan CDOB diantaranya pemahaman terhadap regulasi, komitmen pelaku usaha, investasi, kompetensi personel dan kejelasan terhadap peran dan tanggung jawab. Dengan menerapkan Cara Distribusi Obat atau CDOB maka banyak keuntungan yang didapat diantaranya terciptanya kepercayaan dari pemangku kepentingan yaitu dari pemerintah, pemasok dan pelanggan. Selain itu juga dengan adanya sistem CDOB akan lebih siap menghadapi persaingan pasar bebas (mea) serta memudahkan perusahaan untuk bisa mengikuti semua tender e katalog.

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lengkap

Kami Jasa Konsultan Bisnis Aryasentra Consulting yang didukung tenaga konsultan dan tenaga ahli yang berpengalaman siap membantu perusahaan farmasi / PBF dalam training dan penerapan sistem CDOB. Kami juga melayani jasa konsultan iso untuk unit bisnis farmasi. Untuk keterangan lebih lanjut bisa hubungi 021-2930 5166 atau bisa menghubungi kami via whatsapp di 0812 9311 1959.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.