Enter your keyword

MANAJEMEN SDM BERBASIS KOMPETENSI

MANAJEMEN SDM BERBASIS KOMPETENSI

MANAJEMEN SDM BERBASIS KOMPETENSI

Saat ini persaingan bisnis semakin ketat, seperti kondisi ekonomi yang tidak menentu, persaingan penguasaan sumberdaya, tuntutan kebutuhan pasar, perubahan kondisi lingkungan dan sebagainya. Untuk menghadapinya diperlukan suatu strategi untuk memenangkan persaingan tersebut. Kunci utamanya ada pada SDM. Pengelolaan SDM berbasis kompetensi merupakan salah satu penerapan strategi pengelolaan bisnis dalam rangka menciptakan keunggulan bersaing. Organisasi bisnis memandang SDM sebagai faktor utama terhadap pencapaian visi dan misi suatu organisasi, serta sebagai sumber keunggulan bersaing. Oleh karena itu, manajemen SDM harus mampu merumuskan kompetensi apa yang seharusnya dimiliki dan dikembangkan oleh organisasi disesuaikan dengan visi dan misi organisasi tersebut. Melalui peningkatan kompetensi SDM yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku, diharapkan daya saing dan kinerja bisnis secara keseluruhan akan semakin meningkat.

Manajemen SDM berbasis kompetensi adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian seluruh aktivitas SDM didasarkan pada kompetensi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Langkah awal dari pembangunan SDM berbasis kompetensi adalah melalui serangkaian analisis terhadap visi, misi, tujuan, sasaran, proses bisnis dan aktivitas utama organisasi. Selanjutnya dilakukan analisis uraian pekerjaan dan struktur organisasi agar dapat ditentukan kompetensi yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan tugas yang ada di uraian pekerjaan. Langkah selanjutnya adalah penyusunan tolok ukur tingkat kemampuan (proficiency level) dari tiap kompetensi, kemudian dipetakan ke setiap jabatan yang ada serta ditentukan gradasi kompetensi. Setelah itu hasilnya dituangkan dalam direktori kompetensi yang mempertemukan tujuan organisasi dengan pengembangan SDM.

Secara umum kegiatan Manajemen SDM berbasis kompetensi ini bertujuan untuk:
1. Mengimplementasikan Manajemen Sumber Daya Berbasis Kompetensi.
2. Penyusunan direktori kompetensi yang memuat standar kompetensi inti, kompetensi peran (role competency) dan teknis/bidang berserta uraian masing-masing kompetensi.
3. Mengetahui Kebutuhan Kompetensi Jabatan yang terdiri dari struktur umum kompetensi jabatan, peta kompetensi, kebutuhan kompetensi dan level of proficiency masing-masing kompetensi.

Untuk konsultasi MANAJEMEN SDM BERBASIS KOMPETENSI
silahkan hubungi Aryasentra Consulting,
telp. 021- 2930 5166, WA. 0812 9311 1959

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.