Pemahaman Green Building menuju Implementasi ISO 14064 : 2006

0
12
Training ISO 14064

Pemahaman Green Building menuju Implementasi ISO 14064 : 2006  Perhitungan dan Pelaporan Emisi Gas Rumah Kaca (greenhouse gases/GHG) dan Upaya Penurunannya

Konsultan ISO 14064Dalam rangka mendukung program yang dikeluarkan oleh United Nation “making 2010 become the International Year of Diversity” that proposed a new body, The Intergovernmental Science-Policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Services (IPBES) to advise on valuing nature and conservation targets, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pengembangan Kota Hijau di Indonesia. Tujuan pembentukan Kota Hijau adalah Antisipasi, Adaptasi, dan Mitigasi (green city for a better life).

Terkait dengan adanya kebijakan Pengembangan Kota Hijau, di bidang industri, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca (greenhouse gases/GHG) dan melakukan upaya-upaya penurunan GHG. Dimana hal tersebut menjadi tindak lanjut dari pihak industri terhadap kepedulian lingkungan yang sebelumnya telah dilakukan dalam KLHS dan ISO 14001. Dalam hal dukungan terhadap pembentukan Kota Hijau di Indonesia, industri-industri diharapkan melakukan perhitungan dan pelaporan Emisi Gas Rumah Kaca (greenhouse gases/GHG) dan menyusun rencana upaya penurunan GHG.

ISO 14064 : 2006 tentang GHG, melakukan panduan standarisasi perhitungan dan pelaporan emisi GHG serta penyusunan rencana upaya-upaya penurunan GHG dalam suatu organisasi. Keberadaan ISO 14064 : 2006 sejalan dengan penyusunan dokumen Amdal (analisis dampak lingkungan), KLHS, ISO 14001:2006 yang umumnya telah dimiliki suatu industri. ISO 14064:2006 ini merupakan standarisasi lanjutan dan atau rencana lanjutan dibidang pengendalian dan pemantauan lingkungan, khususnya pada bidang emisi gas rumah kaca (greenhouse gases/ GHG). Rencana pengendalian dan upaya penurunan emisi gas rumah kaca nantinya akan menjadi satu kesatuan rencana pemerintah di RPJM dan RPJMD tiap Kab/Kota di Indonesia. Sasaran dilakukannya perhitungan emisi gas rumah kaca (GHG), penyusunan rencana pengendalian, serta upaya pengendalian dan penanggulangan kelebihan emisi GHG, akan membantu industri lebih efisien dan ramah lingkungan yang kini telah menjadi tuntutan konsumen di pasar nasional dan global.

Untuk Konsultasi dan Infomasi Training ISO 14064 / pelatihan Green Building, hub :

Training HR