Manajemen Bengkel

0
8

manajemen-bengkelAnda pengusaha bengkel? Bingung mengelola bengkel? Apabila dalam mangelola bengkel  tidak memiliki sistem yang baik  tentunya akan  timbul banyak kendala dan masalah terutama dalam sistem alur kerja dan manajemen bengkel. Sebuah bengkel dengan alur kerja yang kurang baik akan berakibat pada pelanggan yang menjadi kurang nyaman, misalnya pelanggan merasa kurang diperhatikan pada saat baru masuk ke bengkel anda, atau layanan yang tidak memberikan solusi yang baik, atau bahkan merugikan konsumen.

 Demikian juga masalah administrasi dan manajemen yang  juga banyak disepelekan  oleh para pebengkel, hal ini baru terpikirkan setelah terjadi penyimpangan yang begitu besar barulah merasa perlu membenahi administrasi dan manajemen bengkel ini. Kami Aryasentra Consulting dengan didukung tenaga konsultan yang berpengalaman dalam Manajemen Bengkel ( mengelola bengkel ) siap membantu anda dalam membenahi sistem manajemen bengkel baik melalui training maupun development sistem. Pembenahan dasar dalam manajemen bengkel yang akan kami lakukan adalah mulai dari :

 1. Alur kerja dan layout bengkel

  • Merencanakan penataan peralatan dan perlengkapan  bengkel sehingga dapat tercipta suasana bengkel yang aman dan nyaman serta menarik, serta berdaya guna maksimal. Penempatan peralatan dan perlengkapan dikaitkan dengan ruangan bengkel sehingga menimbulkan kesan menarik bagi konsumen, mudah dan membantu karyawan untuk bekerja, dan menimbulkan kesan rapih dan bersih
  • Menentukan alur kerja di bengkel sehingga dapat tercipta suasana kerja yang efektif dan efisien baik dari segi peralatan maupun tenaga kerja.Urutan dan alur kerja sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman, tidak saling menyalahkan, dan tanggung  jawab masing-masing individu yang jelas.

 2. Administrasi dan sistim informasi bengkel

Dalam mengelola administrasi ini Aryasentra Consulting  akan diberikan software ( aktivasi untuk 1 komputer ) yang akan mendukung alur kerja dan administrasi bengkel, yang dapat langsung mengaplikasikan dalam usahanya.

  • Menentukan jenis dokumen yang diperlukan, fungsinya serta penanggung jawab yang berhubungan dengan dokumen tersebut.

Ada berbagai dokumen yang harus disiapkan, masing-masing dokumen itu mempunyai fungsi sendiri-sendiri, misalnya faktur/nota bengkel dapat berfungsi sebagai alat promosi, bukti pengeluaran uang sebagai alat kontrol dan sebagainya.

  • Menentukan sistim pencatatan, pengelompokan, penyimpanan data serta analisa data baik manual ataupun secara computerized menggunakan software bengkel.

Cara termudah untuk mengelola administrasi bengkel yang baik adalah dengan bantuan perangkat lunak, karena pada perangkat lunak ini sesudah sesuai dengan sistim dokumentasi dan alur kerja bengkel, disamping penyimpanan data dapat lebih mudah dan efisian.

Segera hubungi kami dan kami siap membantu anda dalam mengelola sistem manejemen Bengkel anda. Untuk Konsultasi dan Training Manajemen bengkel hub. Aryasentra Consulting telp. 021-29305166, HP. 0812 9311 1959

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here