Metode Konsultasi Bisnis

0
13
Metode Konsultasi Bisnis

 Metode Konsultasi manajemen bisnis yang dilakukan Aryasentra Consulting

Dalam memberikan konsultasi pembenahan sistem manajemen, Aryasentra Consulting memiliki metode dan pendekatan Konsultasi yang sistematis, efektif dan efisien , diantaranya dengan melakukan langkah – langkah sbb :Metode Konsultasi Bisnis

1.    Kegiatan Diagnostic Assessment atau Gap Analysis

Tujuan kegiatan ini  adalah untuk mendapatkan gambaran awal mengenai proses bisnis / alur proses, ketersediaan dan penerapan sistem manajemen yang selama ini digunakan serta kesiapan  sumber daya yang dimiliki.  Dengan melakukan analisa awal ini akan lebih mengenal kondisi dan karakteristik manajemen secara langsung. Selain itu tahap ini berguna untuk mengetahui sejauh mana Sistem yang (mungkin) sudah ada di Perusahaan, apakah nanti akan dilakukan revisi, pembuatan baru, atau dilakukan merger document bahkan penghilangan dokumen/form yang dianggap tidak perlu.

2.    Penyusunan dan Pengembangan Dokumen

Proses selanjutnya adalah  penyusunan dan pengembangan dokumen sistem manajemen, setelah mendapatkan gambaran flow process / Alur proses dan karakteristik manajemen, maka Konsultan Aryasentra Consulting melakukan penyusunan dan  pengembangan dokumen sistem, mulai dari  penyusunan kebijakan manajemen, prosedur Kerjayang baku di setiap fungsi dan bagian proses bisnis dapat terkendali dan berjalan efektif serta sampai pada form – form yang digunakan. Dalam hal dokumentasi  ini Aryasentra Consulting membantu sepenuhnya dalam penyusunan sistem dokumentasi ini sehingga tidak memberatkan Client dalam hal dokumentasi.

3.    Penerapan / Implementasi Sistem Manajemen  

Setelah penyusunan sistem selesai dilakukan selanjutnya akan direview dan disahkan oleh pihak manajemen, jika dirasa sudah sesuai maka tahapan selanjutnya adalah menjalankan sistem manajemen tersebut dalam keseharian proses di Perusahaan. Selama kegiatan penerapan sistem manajemen, Aryasentra Consulting juga akan melakukan monitoring kegiatan untuk memastikan sistem dijalankan dengan konsisten serta membantu bila terjadi ketidaksesuaian dalam penerapan sistem.

4.    Pelaksanaan Audit Internal dan Tinjauan Manajemen

Tujuan pelaksanaan audit  internal adalah mengukur efektifitas penerapan sistem manajemen yang sudah diterapkan.  Setelah pelaksanaan audit internal dilaksanakan disertai dengan pelaksanaan perbaikan ketidaksesuaian yang ditemukan, selanjutnya dilakukan pelaksanaan rapat tinjauan manajemen. Rapat tinjauan manajemen ini membahas antara lain hasil pelaksanaan audit internal, tindakan perbaikan yang telah atau sedang dilakukan, pembahasan kinerja proses dan pencapaian sasaran dan sebagainya.

5.    Monitoring dan Maintenance Sistem

Untuk memantau dan memastikan sistem dijalankan dengan baik, Maka Aryasentra Consulting akan melakukan  audit  sistem   ditahun berikutnya yang dilaksanakan setiap per  6    ( enam ) bulan selama setahun ( tanpa dikenakan biaya ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here