Peran Jasa Konsultan HR (Human Resource) Mampu Mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan Perusahaan

0
16

jasa konsultan HRDengan meggunakan Jasa Konsultan HR ( Human Resource ), persoalan dalam hal sumber daya manusia akan mudah diatasi. Persaingan global seperti sekarang ini menuntut perusahaan agar bisa menjadi unggul dan memiliki daya saing yang kuat. Salah satu elemen yang dapat mendukung kesuksesan sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia yang dimiliki. Dengan memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan berpotensi, maka tujuan perusahaan bisa dicapai.

Dalam suatu perusahaan, posisi HRD (Human Resource Development) sangat berperan penting dalam mendukung kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Karena itulah mengapa posisi HRD seringkali dianggap sebagai nyawa suatu perusahaan sehingga mendapatkan otoritas yang tinggi dan cukup dominan dalam suatu perusahaan. HRD bertugas untuk mengatur dan mengembangkan sumber daya daya manusia agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan. HRD bertanggungjawab penuh terhadap proses rekruitmen atau penarikan tenaga kerja mulai dari pencarian kandidat terbaik, melakukan interview atau wawancara, sampai pada proses penyeleksian. HRD dituntut untuk mengenali kemampuan dari setiap tenaga kerja, serta bertugas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki tenaga kerja. Pengembangan potensi karyawan ini dilakukan dengan berbagai metode, seperti memberikan pelatihan (training) dalam meningkatkan keterampilan mereka dalam bekerja.

Tugas pekerjaan HRD kepada konsultan HR

Namun tidak jarang perusahaan yang mempercayakan tugas HRD kepada pihak ketiga, yaitu Jasa Konsultan HR (Human Resource). Ruang Lingkup Pekerjaan HRD yakni dengan menggunakan jasa konsultan HR, tugas HRD akan diberikan kepada konsultan. Ruang lingkup pekerjaan tersebut adalah:

  1. Recruitment (penarikan tenaga kerja) dengan kualifikasi dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dalam recruitment ini konsultan HR akan menganalisis kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja.
  2. Seleksi, setelah dilakukan penarikan tenaga kerja, tugas HRD selanjutnya adalah menyeleksi kandidat terbaik sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.
  3. Membuat Analisa Jabatan dan Job Kompetensi sebagai dasar carrer path system management di dalam perusahaan.
  4. Penyusunan Peraturan Perusahaan
  5. Peningkatan kualitas tenaga kerja, peningkatan kualitas tenaga kerja dilakukan dengan cara memberikan Training atau Workshop.
  6. Menyelesaikan perselisihan antara buruh/karyawan dengan pengusaha ( Hubungan Industrial ), HRD Manager atau Konsultan HR bertugas untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi dengan mengambil jalan tengah yang menguntungkan kedua belah pihak.
  7. Penyusunan Standar Penggajian Karyawan, Jasa Konsultan HR (Human Resource) akan membantu perusahaan dalam menyusun standar penggajian karyawan yang layak dan adil.

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam atau ingin berkonsultasi tentang seputar human resource, anda dapat menghubungi : Aryasentra Consulting, Telp : 021 -2930 5166 (Hunting) / 0812 9311 1959

Baca juga :

Langkah membangun sistem manajemen bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here