MANFAAT LAPORAN KEUANGAN

0
11

MANFAAT LAPORAN KEUANGAN BAGI PERUSAHAAN

Laporan keuangan amanfaat-laporan-keuangan-perusahaandalah catatan mengenai informasi keuangan di suatu perusahaan pada satu periode yang di dalamnya tersebut dapat menggambarkan kinerja sebuah perusahaan. Laporan keuangan biasanya meliputi neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus dana dan laporan arus kas, serta catatan, laporan lain dan materi penjelasan yang merupakan bagian dari laporan keuangan, dalam pengukuran posisi keuangan, unsur yang digunakan adalah aset, kewajiban, dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja sebuah perusahaan dalam sebuah laporan laba-rugi adalah unsur penghasilan dan beban, laporan keuangan biasanya digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, seperti investor, karyawan, pemberi pinjaman, pelanggan, pemasok dan kreditor usaha lainnya, pemerintah, serta masyarakat.

Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan yang terjadi pada posisi keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan sangat bermanfaat bagi pemakai laporan keuangan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan.selain itu laporan keuangan disusun untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pemakai laporan keuangan. Namun laporan keuangan tidak menyediakan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh pemakai dalam pengambilan keputusan, karena laporan keuangan secara umum hanya menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian masa lalu perusahaan dalam hal ekonomi. Laporan keuangan tidak diwajibkan untuk menyertakan informasi lain atau dalam hal nonkeuangan.

Laporan keuangan dapat menunjukkan kinerja manajemen dalam mengelola sumber daya yang telah dipercayakan oleh perusahaan tersebut. Dari laporan keuangan, pemakai bisa mengetahui apa saja yang telah mereka lakukan dan bagaimana pertanggungjawaban manajemen, sehingga pemakai bisa melakukan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan pemakai laporan keuangan biasanya mencakup tentang keputusan untuk menjual atau menahan investasi mereka di perusahaan, atau keputusan dimana manajemen butuh diganti atau pengangkatan kembali

karakteristik kualitatif dalam laporan keuangan

Terdapat 4 karakteristik kualitatif dalam laporan keuangan. Karakteristik tersebut merupakan ciri khas dari laporan keuangan dalam memuat informasi yang berguna bagi pemakai. Karakteristik tersebut adalah

  1. Laporan keuangan harus mudah dipahami,
  2. Relevan dan Suistanable
  3. Kehandalan
  4. Dapat diperbandingkan

Untuk menunjang kualitas laporan keuangan yang terbaik kami Aryasentra Consulting di dukung oleh tenaga ahli yang profesional, handal, berpengalaman dan bersertifikasi profesi siap membantu mewujudkan laporan keuangan yang baik bagi perusahaan anda.

Apabila ingin berkonsultasi dengan kami silahkan menghubungi :

Aryasentra Consulting

Telp            : 021 – 2930 5166 (Hunting) / 0812 9311 1959

Baja Juga :

Jasa Konsultan Keuangan, Consultant Finance – Accounting

Konsultan Bisnis atau Bisnis Coaching ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here