HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM

0
11

HRIS (Human Resources Information System)

HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM

Human Resources Information System merupakan salah satu program dari aplikasi software komputer untuk mengorganisir tata kelola dan tata laksanan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan untuk mendukunh proses pengelolaan yang baik, teratur untuk mengambil sebuah keputusan. HRIS ( Human Resources Information System ) biasa di kenal sebagai Decision Support System yang menyediakan semua informasi yang di HRIS merupakan sebuah sistem terintegrasi yang di rancang untuk menyediakan informasi yang di gunakan untuk membuat keputusan SDM. Ada dua hal tujuan di gunakan HRIS (Human Resources Information System) oleh sebuah perusahaan :

1)      Efisiensi Administrasi dan Operasional, sehingga seluruh kegiatan administrasi dapat dibuat dengan efektif dan efisien dengan menggunakan pendekatan aplikasi otomatisasi

2)      Membantu dan mempermudah dalam proses perencanaan SDM, dengan memilik data yang lebih mudah di akses akan membuat keputusan SDM dan manajerial akan lebih mudah.

Dengan kata lain HRIS ( Human Resources Information System) merupakan proses secara online mulai dari input data, pelacakan data, kebutuhan data tentang SDM, Payroll (Penggajian) dan fungsi akutansi dalam sebuah perusahaan. Semua data di simpan rapih dalam sebuah database yang safety, confidential dan terstruktur.

Sebuah Sistem Aplikasi HRIS (Human Resources Information System) yang efektif dan efisien ialah sistem yang memberikan semua informasi yang di butuhkan oleh perusahaan mengenai data data karyawan, penggajian hingga fungsi akutansi secara akurat , cepat, dan dapat membantu fungsi HRD untuk membuat keputusan SDM atau keputusan yang strategis untuk manajerial sebuah perusahaan.

Ruang Lingkup HRIS (Human Resources Information System) :

  1. Perencanaan Sumberdaya Manusia
  2. Administrasi Personalia
  3. Penggajian, Kompensasi dan benefit
  4. Kinerja Personel
  5. Pendidikan dan Pelatihan
  6. Pemutusan Hubungan Kerja / Pensiun

Adapun manfaat menggunakan HRIS (Human Resources Information System) ialah mempermudah sistem perencanaan karir dan pengembangan karyawan secara tersistem dan untuk mempermudah sistem pelaporan terkait masalah sistem kompensasi karyawan yang menyangkut masalah gaji serta benefit lain yang di peroleh karyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here