CARA MENYUSUN STRUKTUR ORGANISASI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

0
23

CARA-MENYUSUN-STRUKTUR-ORGANISASI

CARA MENYUSUN STRUKTUR ORGANISASI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN 

         Struktur Organisasi (STO) dalam sebuah perusahaan di maksudkan untuk merumuskan tugas pokok dan fungsi yang terbagi dalam unit – unit bagian divisi atau departemen agar meminamilisir terjadinya overlapping dalam setiap unit atau divisi. Dalam struktur organisasi juga terdapat span of control (rentang pengendalian) para pimpinan unit untuk memperjelas jumlah unit yang akan di bawahi

      Pentingnya struktur organisasi juga untuk mengatur hubungan yang baik antar unit maupun intern unit itu sendiri. itu dimaksudkan agar memanfaatkan semua kemampuan ke suatu tujuan perusahaan sesuai dengan visi misi perusahaan.selain itu akan mempermudah dalam pengintegrasian fungsi fungsi dalam perusahaan agar efektif dan efisien.

             Ada berbagai macam bentuk struktur organisasi sesuai dengan fungsinya, di antaranya ialah :

1. Organisasi Lini Garis

Organisasi ini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Bentuk ini ialah struktur organisasi yang paling banyak di pakai oleh perusahaan yang masih konvensional. Kelebihanya ialah atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando dan proses decision making cepat. Sedangkan kekurangannya ialah karyawan tergantung pada satu orang.

2. Organisasi Fungsional

Organisasi ini penyusunannya berdasar atas kegiatan dari tiap tiap fungsi sesuai dengan  bidangnya. Sistem ini juga sebagai suatu bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu. Kelebihannya ialah program yang di susun terarah dan jelas dan dapat dicapai tingkat spesialisasi yang baik. Kekurangannya ialah Sulit untuk melakukan pertukaran tugas, karena terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang tertentu.

3. Organisasi Lini dan Staff

Organisasi ini ialah penggabungan antara organisasi lini garis dan fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Kelebihannya ialah Staffing dilaksanakan sesuai prinsip the right man on the right place dan kekurangannya ialah Proses decesion makin berliku-liku.

4. Organisasi Matrik

Organisasi seperti banyak di pakai oleh perusahaan – perusahaan kontraktor atau yang bergerak di bidang proyek. Karena dalam susunan struktur organisasi matrik akan di atur pimpinan untuk masing masing projek yang akan di susun. Kelebihan organisasi seperti ini ialah fokus utama penyelesaian project akan semakin cepat baik pengerjaan maupun decison makingnya sementara kekuranannya ialah pimpinan proyek tak bisa mengkoor­dinir berbagai bagian yang berbeda hingga menghadapi kesulitan dalam mengembangkan team yang terpadu dikarenakan penyimpangan pclaksanaan perintah untuk masing-masing individu.

5. Organisasi Komite

Biasanya di gunakan untuk perusahaan nirlaba yang berorientasi untuk kepentingan masyarakat umum. Jenis organisasi ini di buat untuk merumuskan keputusan yang di atur secara kolektif oleh eksekutif komite. kelebihannya ialah Pelaksanaan decision making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang saham maupun dewan, sedangkan kekurangannya ialah Kalau ada masalah sering kali terjadi penghindaran siapa yang bertanggung jawab.

Dari berbagai macam jenis struktur organisasi akan di lihat sesuai dengan jenis dan fungsi perusahaan itu sendiri , dan sesuai dengan kondisi perusahaan tersebut.  ada beberapa faktor yang menentukan perancangan tipe organisasi yakni strategi organisasi pencapaian tujuan, perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output, besarnya organisasi dan satuan kerjanya yang akan mempengaruhi struktur organisasi.

Kami Aryasentra Consulting siap membantu perusahaan anda dalam penyusunan atau pembenahan struktur organisasi perusahaan anda agar berjalan efektif dan efisien sesuai denga bisnis proses yang perusahaan anda jalankan, di dukung oleh tenaga ahli yang profesional, handal serta berpengalaman baik industri maupun jasa.

hubungi di nomer telp. 021-2930 5166, hp. 0812 9311 1959. Semoga bermanfaat!!

kota-kota layanan konsultasi bisnis kami : Jakarta, Surabaya, Gresik, Semarang, Breau, Denpasar, Bandung, Bogor, Depok dan Tangerang.

Baca juga artikel lainnya :

Tips Memilih Konsultan Manajemen Bisnis

Tips Memilih Konsultan Iso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here