Organization Development ( Pengembangan Organisasi )

0
13

Konsultan Organisasi development

Mengapa perlu Organization Development ( Pengembangan Organisasi ) ?

Pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di era globalisasi ini membawa banyak perubahan di semua sektor khususnya di sektor bisnis ; perkembangan pesat ini sangat membawa dampak sangat besar; karna perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara langsung maupun tidak langsung akan membawa pengaruh perubahan terhadap gaya hidup, perilaku dan nilai – nilai kehidupan dalam masyarakat. Begitu juga dalam suatu organisasi / perusahaan yang tentunya melibatkan sumber daya manusia akan sangat terpengaruh terhadap perubahan-perusahan tersebut. oleh karnanya suatu organisasi / perusahaan harus mampu menyikapi dan menghadapi perubahan ini dengan senantiasa menyiapkan sistem manajemen yang baik sehingga organisasi / perusahaan mampu bertahan dan bersaing. Sebuah organisasi tidak boleh terlena dengan kondisi yang dirasakan selama ini, apapun kondisinya jika organisasi ingin bertahan dan berkembang maka wajib hukummya sebuah organisasi harus mempu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi dengan berkomitmen dan melakukan perubahan yang strategis, taktis dan terencana melalui perbaikan dan peningkatkan kemampuan dalam organisasi untuk mencapai target dan sasaran yang diinginkan melalui Organization Development.

Organization Development (OD) atau yang lebih di kenal sebagai pengembangan organisasi merupakan salah satu faktor kunci sukses sebuah perusahaan dalam merumuskan konsep tentang bagaimana pembaharuan atau modernisasi sebuah organisasi. Pengembangan organisasi banyak di kaitkan ketika sebuah perusahaan di tuntut untuk menyesuaikan diri dengan kondisi seperti pembaruan IPTEK (Ilmu Pendidikan dan Tekhnologi) serta perubahan lingkungan baik fisik maupun sosial yang terjadi. Tujuan Organization Development yakni menciptakan hubungan yang harmonis antar kerja antar karyawan dengan pimpinan maupun staf lain, menciptakan kemampuan memecahkan masalah organisasi secara lebih transparan dan reliable, menciptakan keterbukaan dalam organisasi, dan menjadi semangat kerja para karyawan serta kemampuan mengendalikan diri. Organization Development bisa mengukur prestasi suatu organisasi atau perusahaan dari segi efisiensi, efektifitas dan kesehatan. Efisien dapat di ukur dengan perbandingan antara input dan output, yang mengacu pada konsep Minimaks ( Input Minimum Output Maksimum). Efektifitas adalah suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannnya artinya kesejahteraan tujuan yang telah di tetapkan dapat tercapai, Kesehatan Organisasi adalah suatu fungsi dari sifat dan mutu hubugan para individu dan organisasi yaitu hubungan dinamis dan harmonis antar karyawan dengan pimpinan atau staff lain.

Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut mengenai Organization Development silahkan hubungi kami di nomer telp. 021-29305166

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here