Pentingnya HRIS dalam tata kelola sumber daya manusia

0
13

Pengertian HRIS (Human Resources Information System)

Suksesnya sebuah organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran tidak bisa dilepaskan dari peran Sumber Daya manusia yang dimiliki, Peran SDM sangatlah vital dan berpengaruh terhadap pengembangan sebuah organisasi / perusahaan.  Namun terkadang hal ini kurang di pahami bahkan tidak sedikit para pemimpin organisasi, pengusaha / pemilik usaha mengesampingkan masalah SDM ini, padahal SDM ini  jika diibaratkan adalah sebuah roda yang akan mampu mengerakkan sebuah organisasi untuk bisa cepat maju berkembang menjadi organisasi /  perusahaan yang unggul dan siap bersaing dalam menghadapi pasar global.  Sumber Daya Manusia merupakan sumber keunggulan kompetitif yang paling utama karena pengelolaan sumber keunggulan lain  secara otomatis memerlukan penanganan dari SDM yang ada.  Keterlibatan SDM sangat menentukan kesuksesan proses perubahan organisasi karena SDM merupakan subyek penting yang akan melaksanakan proses perubahan dan hasil  dari proses perubahan yang direncanakan.  Untuk menunjang kesuksesan perusahaan diperlukan pengintegrasian fungsi  SDM melalui praktek-praktek SDM dalam strategi bisnis perusahaan. Pemilihan dan penerapan strategi bisnis yang tepat akan sangat ditentukan oleh kualitas SDM yang berperan penting dalam kegiatan operasional perusahaan, merencanakan dan melaksanakan strategi bisnis yang ditetapkan. Pengintegrasian fungsi SDM dalam perencanaan strategi bisnis ini dimaksudkan untuk memberdayakan  SDM yang dimiliki dalam pengelolaan berbagai unit kerja dalam organisasi agar proses pengelolaan sumber-sumber daya tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Kegiatan Pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang baik sangat tergantung pada kualitas informasi untuk pengambilan keputusan dibidang sumber daya manusia. Kemampuan organisasi dalam memperoleh, menyimpan, memelihara dan menggunakan informasi sumber daya manusia merupakan faktor penting yang menunjang keberlangsungan hidup perusahaan. Perusahaan harus menyadari pentingnya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia secara berkualitas dan tepat sehingga perlu  untuk dikembangkan sistem informasi sumber daya manusia untuk menunjang pemenuhan sumber daya manusia yang berkualitas, Sistem ini yang namanya biasa disebut SISDM atau HRIS (Human Resources Information System) . HRIS (Human Resources Information System) atau  Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia ( SISDM ) merupakan sebuah sistem pendukung proses pengambilan keputusan manajemen dengan ketersediaan berbagai informasi yang diperlukan seperti Informasi kebutuhan pegawai / karyawan, sistem rekruitmen, informasi data pegawai, informasi pengelolaan pegawai sampai informasi mengenai pemberhentian pegawai.

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS) merupakan integrasi manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi (IT). sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning  ( ERP ). Pada prinsipnya Penerapan SISDM atau HRIS dalam organisasi / perusahaan akan lebih memudahkan organisasi dalam mengelola sumberdaya manusia yang dimiliki secara sistematis sehingga data SDM akan terkelola dengan baik.

Data apa yang masuk dalam Human Resource Information System (HRIS) atau SISDM ?

Dalam Human Resource Information System (HRIS) atau SISDM data yang dimasukan adalah data sistem kepegawaian yang mencakup proses – proses  seperti :

1. Perencanaan Sumber Daya Manusia

2. Administrasi Personalia

3. Penggajian, Kompensasi dan Benefit

4. Kinerja Personel

5. Pendidikan dan Pelatihan

6. Pemutusan Hubungan Kerja/Pensiun

 Apa manfaat yang diperoleh ketika perusahaan mempunyai Human Resource Information System (HRIS) ?

Manfaat menerapkan  Human Resource Information System (HRIS)   adalah :

1. Memudahkan dalam Memeriksa kapabilitas karyawan-karyawan guna mengisi kekosongan pada suatu bagian/jabatan

2. Guna Menggambarkan pekerjaan-pekerjaan yang spesifik atau kelas-kelas pekerjaan yang  mempunyai tingkat perputaran, pemecatat, ketidakhadiran, kinerja, dan masalah yang tinggi yang melebihi kadar normal.

3.  Pedoman untuk   recruitment,  seleksi,  pelatihan,  dan pengembangan karyawan  agar tidak salah dalam memposisikan karyawan /  right man in the right place.

4. Mempermudah dalam sistem Perencanaan dan pengembangan karyawan untuk sistem karirnya

5.  Memudahkan sistem pelaporan terkait masalah sistem kompensasi karyawan yang menyangkut masalah sistem gaji serta benefit lain yang diperoleh karyawan

6. Sebagai acuan penilaian   kebutuhan   pelatihan karyawan   untuk   menganalisis   kerja   individu   dan menentukan   karyawan-karyawan  mana  yang  memerlukan  pelatihan  lebih lanjut.

Apabila anda masih ragu dengan penerapan Sistem Informasi manajemen sumberdaya manusia ( SISDM)  / HRIS di organisasi / perusahaan anda, silahkan hubungi kami. Kami siap lakukan analisa kebutuhan sistem HRIS ini di perusahaan anda sehingga nantinya penerapan HRIS ini sesuai yang diharapkan. Karna tidak dipungkiri banyak sekali perusahaan / organisasi sudah menerapkan HRIS namun tidak berjalan secara maksimal sehingga sistem HRIS ini menjadi sia-sia. Hub. Aryasentra Consulting di telp. 021 – 2930 5166 ( Hunting ) atau HP. 0812 9311 1959, kami siap membantu dan siap menjadi mitra bisnis anda dalam tata kelola organisasi / perusahaan  guna  mencapai target dan sasaran yang  sudah ditetapkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here